SYARAT DAN KETENTUAN

 

Diperbaharui terakhir pada tanggal 20 Juni 2024

Syarat dan Ketentuan ini berlaku sebagai perjanjian yang sah antara pelanggan (“Anda”) dan Tetama (“Kami”). Dengan melakukan pesanan melalui Tetama, maka Anda telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui seluruh ketentuan yang diatur pada Syarat dan Ketentuan ini.

 

Ketentuan Penggunaan Tetama

  1. Anda merupakan suatu perseroan yang didirikan secara sah berdasarkan hukum Indonesia serta memiliki perizinan yang sesuai dengan peruntukan dan berlaku secara sah;
  2. Anda menjamin bahwa setiap informasi dan data yang Anda berikan adalah benar, sesuai, akurat, lengkap dan terkini termasuk namun tidak terbatas pada informasi mengenai data perseroan, legalitas, alamat pengiriman dan informasi data lainnya yang diperlukan untuk mendukung layanan Tetama;
  3. Anda menjamin bahwa penggunaan Tetama oleh Anda digunakan secara benar, memiliki tujuan yang baik, tidak melakukan penyalahgunaan terhadap penggunaan Tetama serta tidak bertentangan dan melanggar dengan hukum yang berlaku. Kami dapat membatalkan dan memblokir akun Anda apabila terdapat dugaan penyalahgunaan pada akun Anda;
  4. Akun Anda hanya ditujukan dan digunakan oleh Anda sendiri. Anda memahami dan menyetujui bahwa pengalihan akun tidak dibenarkan dan merupakan tindakan yang ilegal. Kami berhak membatalkan pemberian layanan kepada Anda jika terjadi pengalihan akun oleh Anda serta melakukan tindakan lain yang diperlukan termasuk penyelesaian melalui jalur hukum. Segala kerugian yang diderita baik oleh Kami dan/atau Anda sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda;
  5. Anda menjamin dan menyetujui untuk bertanggung jawab atas setiap tindakan termasuk transaksi yang terjadi pada akun Anda;
  6. Anda memahami dan menyetujui bahwa pesanan yang telah Anda lakukan melalui Tetama tidak dapat dibatalkan dan/atau dikembalikan dalam bentuk dan alasan apapun.

 

Penggunaan Layanan Tetama

  1. Untuk melakukan pesanan melalui Tetama, Anda diwajibkan untuk login pada platform Apotek Digital, kemudian pilih shift kasir Anda;
  2. Pada menu utama, klik menu “Pembelian Online”, lalu klik “Katalog Produk”;
  3. Ketik produk yang Anda inginkan pada kolom pencarian, lalu klik “Beli” pada semua produk yang Anda inginkan;
  4. Anda dapat mengatur berapa jumlah produk yang akan Anda pesan;
  5. Setelah selesai memilih produk, klik “Pesan Sekarang” di pojok kanan atas untuk melanjutkan pesanan;
  6. Surat pesanan akan terbagi menjadi 2 kategori, yaitu (i) kategori reguler yang berisi obat bebas, obat bebas terbatas, obat keras dan lain-lain dan (ii) kategori prekursor;
  7. Setelah klik “Pesan Sekarang”, Anda akan masuk ke halaman dimana Anda bisa memeriksa kembali produk yang Anda pilih;
  8. Anda dapat mengisi kolom “No. Surat Pesanan” apabila Anda memiliki format surat pesanan tersendiri atau kosongkan agar dapat terisi secara otomatis;
  9. Klik “Simpan” untuk menyelesaikan pesanan Anda, selanjutnya Kami akan segera menghubungi Anda;
  10. Apabila Anda ingin melihat histori pesanan, klik “Pesanan Pembelian” pada menu utama;
  11. Kami hanya melayani pesanan prekursor dan obat-obat tertentu untuk wilayah pengiriman Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi.

 

Pengiriman dan Ongkos Kirim

  1. Jam kerja Kami yaitu pukul 08.00-16.00 WIB setiap hari Senin-Jum’at dan 08.00-12.00 setiap Sabtu, kecuali tanggal merah dan/atau hari libur nasional (“Jam Kerja”). 
  2. Jadwal pengiriman pesanan adalah sebagai berikut:
    1. Jika pesanan diterima pada Jam Kerja sebelum pukul 11.00 WIB, maka pengiriman akan dilakukan di hari yang sama;
    2. Jika pesanan diterima pada Jam Kerja setelah pukul 11.00 WIB dan/atau diluar Jam Kerja, maka pengiriman akan dilakukan di hari kerja berikutnya.
  3. Pengiriman hanya dapat dilakukan menggunakan jasa ekspedisi yang tersedia di Tetama;
  4. Anda memahami dan menyetujui bahwa setiap ketentuan mengenai proses pengiriman merupakan wewenang ekspedisi sepenuhnya, termasuk namun tidak terbatas pada estimasi pengiriman ke alamat Anda dan setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman.
  5. Penyerahan surat pesanan asli dilakukan pada saat barang diterima oleh Anda.
  6. Anda memahami bahwa Kami memberikan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi mengenai ongkos kirim berdasarkan lokasi secara akurat, namun tidak dapat menjamin keakuratan data tersebut sesuai dengan cabang setempat. Apabila terdapat selisih biaya pengiriman, Anda memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman diluar tanggung jawab Kami.
  7. Anda memahami bahwa Kami dapat memberlakukan gratis ongkos kirim dengan minimum transaksi tertentu dan aturan mengenai ongkos kirim sesuai dengan program yang berlaku pada saat itu, pemberlakuan aturan dapat berubah kapanpun tanpa pemberitahuan kepada Anda.

 

Pembayaran

  1. Pembayaran dilakukan dalam jumlah dan mata uang sebagaimana dinyatakan dalam invoice yang Kami terbitkan;
  2. Anda wajib melakukan pembayaran dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kalender sejak tanggal invoice diterbitkan, sebagaimana yang tercantum dalam tanggal jatuh tempo;
  3. Pembayaran hanya dilakukan melalui transfer bank ke rekening Kami dengan detail sebagai berikut:

    Nama Bank : Bank Central Asia (BCA)

    Cabang : KCU Kuningan Jakarta

    Nomor Rekening : 2171857777

    Atas Nama : GLOBAL LOGISTIK MEDIKA PT

  4. Anda tidak dapat melakukan pesanan kembali, apabila pesanan sebelumnya belum dibayar lunas.

 

Pengembalian/Retur

Anda dapat melakukan pengembalian/retur apabila terdapat kondisi sebagai berikut:

  1. Retur Non-RUD (Non-Return Upon Delivery): kondisi dimana pelanggan ingin mengembalikan barang kepada Kami karena barang melewati expired date sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 
  2. Retur RUD (Return Upon Delivery): kondisi dimana Kami mengembalikan barang kepada pihak principal karena (i) barang tidak sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan, (ii) barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang dipesan, (iii) barang dekat/melewati  expired date, atau (iv) barang yang dikirim rusak. 
  3. Anda memahami bahwa ketentuan retur mengikuti aturan yang berlaku pada setiap principal, Anda memahami dan menyetujui bahwa aturan retur pada setiap principal dapat berbeda.
  4. Terkait ketentuan dan mekanisme retur, Anda dapat menghubungi Whatsapp: +6281901250012 dan/atau email: cs@tetama.id.

 

Kerahasiaan Data

  1. Anda menyatakan bahwa setiap data yang Anda sampaikan adalah data yang benar, akurat, lengkap dan sah.
  2. Anda dengan ini memberikan persetujuan kepada Kami, termasuk namun tidak terbatas kepada anak perusahaan dan setiap afiliasi Kami untuk memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, mengubah, menghapus dan/atau mempergunakan data tersebut untuk tujuan pelaksanaan layanan Kami.
  3. Kami dapat menggunakan keseluruhan dan/atau sebagian data yang diperoleh dan dikumpulkan dari Anda dengan tujuan untuk mendukung pemberian layanan kepada Anda, termasuk namun tidak terbatas pada:
    1. Memproses segala bentuk pesanan, transaksi maupun keperluan pengiriman pesanan;
    2. Memelihara dan memperbaiki layanan Tetama;
    3. Membantu Anda pada saat berkomunikasi dengan customer service Tetama, diantaranya untuk:
      1. Memeriksa dan mengatasi permasalahan Anda terkait layanan Tetama;
      2. Mengarahkan pertanyaan Anda kepada petugas customer service Tetama;
      3. Mengawasi dan memperbaiki tanggapan customer service Tetama;
      4. Menghubungi Anda melalui email, telepon dan/atau jalur komunikasi lainnya untuk membantu dan/atau menyelesaikan kendala pesanan dan/atau transaksi maupun kendala lainnya;
      5. Menggunakan informasi yang diperoleh dari Anda untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan pengujian sistem guna meningkatkan kenyamanan dan keamanan Tetama;
      6. Menginformasikan kepada Anda terkait produk, layanan, promosi, serta menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang Tetama dan mitra usahanya, baik melalui website, aplikasi maupun media lainnya;
      7. Melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap transaksi yang mencurigakan atau transaksi yang terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi transaksi tersebut.
  4. Kami menjamin kerahasiaan data Anda selama berada dalam kuasa Kami dan Kami menyatakan tidak ada pengungkapan, pengalihan, distribusi atau meminjamkan, dan penjualan data Anda kepada pihak ketiga, tanpa persetujuan Anda, kecuali hal-hal sebagai berikut:
    1. Dibutuhkan untuk tujuan penegakan hukum dan/atau pemenuhan persyaratan hukum lainnya termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Anda dan Tetama;
    2. Data Anda dapat dibagikan kepada pihak ketiga (termasuk agen, vendor, pemasok, kontraktor, mitra, dan pihak lain yang memberikan layanan kepada Kami atau Anda, melakukan tugas atas nama Kami, atau pihak dengan siapa Kami mengadakan kerja sama komersial), diwajibkan karena pihak ketiga tersebut turut terlibat dalam proses transaksi Anda yang bertujuan untuk mendukung pemberian layanan kepada Anda;
    3. Tetama dapat memberikan informasi Anda kepada anak perusahaan dan afiliasinya untuk mendukung pemberian layanan termasuk pengolahan data untuk dan atas nama Tetama;
    4. Sehubungan dengan, penggabungan, penjualan aset perusahaan, konsolidasi atau restrukturisasi, pembiayaan atau akuisisi semua atau sebagian dari bisnis Kami oleh atau ke perusahaan lain, untuk keperluan transaksi tersebut;
    5. Kami dapat membagikan data Anda kepada pemasang iklan dan jaringan iklan yang membutuhkan data Anda untuk memilih dan menawarkan iklan yang relevan bagi Anda dan/atau pengguna lain.
  5. Data Anda akan disimpan selama Anda menjadi pengguna layanan Tetama. Kami berhak untuk melakukan pengarsipan data Anda selama selama diizinkan oleh perundang-undangan sejak menonaktifkan dan/atau penghapusan akun oleh Anda, Kami dapat menyimpan data Anda dalam bentuk anonymous tanpa batas waktu untuk tujuan pengembangan bisnis, sistem, produk dan/atau layanan Kami.
  6. Kami berupaya memastikan bahwa informasi yang Anda berikan kepada Kami aman dan tidak dapat digunakan oleh pihak lain tidak bertanggung jawab.

 

Penolakan Jaminan dan Batasan Tanggung Jawab

  1. Tetama tidak memberikan pernyataan, jaminan atau garansi atas ketepatan waktu, keandalan kualitas, kesesuaian, ketersediaan, keakuratan atau kelengkapan layanan Tetama;
  2. Tetama tidak dapat menjamin operasi terus-menerus dan selalu sempurna. Informasi dan data yang ditampilkan dalam Tetama memiliki kemungkinan tidak terjadi secara aktual. Anda setuju akan menanggung segala bentuk risiko atas penggunaan layanan Tetama oleh Anda.
  3. Anda setuju dan memahami bahwa layanan Tetama diberikan kepada Anda “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”.
  4. Sejauh diizinkan oleh ketentuan peraturan perundangan dan hukum yang berlaku, Tetama (termasuk Kami, direksi, karyawan, dan Penyedia Layanan) tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut Tetama bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian dalam bentuk lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung atas:
    1. Pemberian informasi dan data yang tidak benar dan/atau tidak akurat;
    2. Penggunaan atau ketidakmampuan Anda dalam menggunakan layanan Tetama;
    3. Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh Anda;
    4. Harga, pengiriman, informasi atau petunjuk lain yang tersedia pada Tetama;
    5. Keterlambatan atau gangguan dalam layanan Tetama;
    6. Setiap penyalahgunaan produk yang sudah Anda beli;
    7. Kualitas produk;
    8. Pencemaran nama baik pihak lain;
    9. Perselisihan antar pengguna dan/atau pelanggan;
    10. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke rekening resmi Tetama sebagaimana diatur dalam poin 4, yang dengan cara apapun mengatasnamakan Tetama atau kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian Anda dan/atau pihak bank;
    11. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses atau menghubungkan ke Tetama;
    12. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Tetama;
    13. Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan layanan Tetama;
    14. Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan produk dalam Tetama yang diduga palsu;
    15. Tindak penegakan hukum dari pihak ketiga dan/atau pihak yang berkewenangan yang diambil sehubungan dengan akun Anda;
  5. Layanan yang diberikan kepada Anda sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, semua ketentuan, pernyataan dan jaminan, baik tersirat maupun tersurat, sah atau tidak, termasuk tetapi tidak terbatas pada jaminan produk dagang yang tersirat, keselarasan untuk tujuan khusus, atau ketiadaan pelanggaran atas hak pihak ketiga, dengan ini dikecualikan dan disangkal hingga batas tertinggi dan maksimal. Anda menyatakan dan menyetujui bahwa seluruh risiko yang timbul akibat penggunaan layanan Tetama dari akun Anda mutlak merupakan tanggung jawab Anda, dan Anda tidak akan meminta jaminan dan/atau tanggung jawab apapun kepada Kami, maka Anda memahami Kami tidak memiliki kewajiban apapun untuk bertanggung jawab.
  6. Anda setuju bahwa Kami tidak bertanggungjawab kepada Anda atau pun kepada pihak lainnya untuk segala kerugian yang disebabkan oleh tindakan yang diambil oleh Anda atau pihak lain yang Anda tunjuk berdasarkan produk yang Anda pesan. Ketentuan tersebut di atas akan tetap berlaku meskipun Anda tidak lagi menggunakan layanan Tetama.

 

Pelepasan

Anda bersedia melepaskan Kami (termasuk Kami, direksi, dan karyawan) dari segala tuntutan kerugian dan bentuk tanggung jawab apapun yang ditimbulkan dari penggunaan layanan Tetama yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan, serta peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk namun tidak terbatas apabila Anda memiliki perselisihan dan/atau permasalahan dengan penyedia platform dan/atau pihak lainnya. Anda bertanggung jawab terhadap kerugian dan biaya tindakan hukum yang diambil. Pelepasan kondisi ganti rugi ini akan tetap berlaku sesuai Syarat dan Ketentuan setelah penggunaan layanan Tetama oleh Anda berakhir.

 

Pilihan Hukum dan Penyelesaian Sengketa

  1. Syarat dan Ketentuan ini berlaku sebagai Perjanjian dan diatur serta ditafsirkan berdasarkan hukum Republik Indonesia. 
  2. Anda setuju bahwa setiap permasalahan dan sengketa yang mungkin timbul berhubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat. 
  3. Apabila Sengketa tidak dapat diselesaikan melalui musyawarah mufakat dalam kurun waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak sengketa diberitahukan oleh salah satu pihak ke pihak lainnya, maka para pihak sepakat untuk menyelesaikan sengketa secara final melalui Arbitrase yang diselenggarakan oleh Badan Arbitrase Nasional Indonesia (“BANI”) sesuai dengan ketentuan-ketentuan BANI yang berlaku pada saat itu mengenai prosedur arbitrase. Arbitrase akan dipimpin oleh 1 (satu) orang arbiter yang ditunjuk oleh Ketua BANI dan dilaksanakan di DKI Jakarta, Indonesia, menggunakan bahasa Indonesia. Putusan arbitrase akan dianggap sebagai putusan yang berkekuatan hukum tetap, mengikat dan tidak dapat digugat kembali dan tidak ada satu Pihak pun yang dapat memulai suatu persidangan atau memasukan suatu gugatan di pengadilan manapun sehubungan dengan sengketa yang timbul dari dan sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini.

 

Perubahan

Kami memiliki hak untuk melakukan perubahan atas Syarat dan Ketentuan dari waktu ke waktu. Setiap perubahan apapun dalam Syarat dan Ketentuan ini akan dipublikasikan dan mulai berlaku sejak tanggal diperbaharui. Kami menyarankan Anda untuk membaca dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Tetama, maka Anda dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan.

 

Fungsi Layanan

Kami senantiasa melakukan upaya untuk menjaga layanan Tetama berfungsi dan berjalan lancar agar dapat memberikan layanan terbaik kepada Anda. Perlu diketahui bahwa layanan Tetama dapat sewaktu-waktu tidak tersedia yang disebabkan oleh berbagai alasan, termasuk namun tidak terbatas pada keperluan pemeliharaan atau masalah teknis, dan situasi ini berada di luar kuasa Kami.

 

Hubungi Kami

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai Syarat dan Ketentuan ini, silahkan menghubungi Kami melalui:
Whatsapp: +6281901250012
Email: cs@tetama.id

Punya Pertanyaan?

Kami Siap Membantu Anda

Jadwalkan konsultasi gratis bersama agent kami